Simak 7 Tips Belajar Menjelang SNMPTN ini Biar Kamu Lolos

2 min read

tips belajar SNMPTN

Buat kamu yang udah kelas 12 SMA pasti lagi mempersiapkan diri buat masuk ke perguruan tinggi kan sob? Udah tahu juga kan ada beberapa jalur seperti SNMPTN, SBMPTN, jalur Mandiri dan sebagainya. Beberapa pintu masuk itu adalah seleksi yang diadakan kampus untuk menerima mahasiswa baru nih sob. 

Salah satu jalur yang punya banyak peminat adalah SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Siapa nih dari kamu semua yang tertarik dengan jalur yang punya nama lain jalur undangan ini? 

Gampang nggak sih buat masuk jalur undangan yang ngga perlu tes seperti UTBK ini? Meskipun tanpa tes jangan sampai kamu menyepelakannya ya sob dan tetap saja kamu harus belajar nih. Tentunya ada beberapa ketentuan dalam jalur SNMPTN ini. Nah biar kamu lolos lewat jalur ini, penting banget nih buat nyimak apa aja tips belajar dan persiapannya di bawah ini!

Tetapin Target Terlebih Dahulu

target sebelum SNMPTN
sumber: distilling.com

Meskipun jalur ini tanpa tes tapi tetap aja ada yang harus disiapkan lho sob. Karena dalam tes ini nilai rapor kamu akan dijadikan sebagai bahan penilaian. Nah kalau nggak belajar dan nggak netapin target kan sama aja ya hehehe.

Siapin targetmu dari kelas 10 ya sob. Kalau kamu udah nentuin target dan terus belajar dengan giat maka hasil akan bagus dan nilanya memuaskan. Ketika rapor dibagikan nilaimu pun bakal bagus juga. Jangan lupa ya kalau nilai rapor dan keseharianmu jadi bahan penilaian di sini.

Fokus Belajar adalah Kuncinya

Apalagi kan kalau nggak fokus belajar? Itu adalah satu-satunya jalan yang paling masuk akal sih buat naikin dan mempertahankan nilai rapormu yang bagus. Buat kamu yang udah kelas 12 dan baru tahu soal ketentuan ini, jangan khawatir ya.

Kamu bisa melakukan latihan soal ujian dan try out untuk membuat nilai ujian akhirmu memuaskan seusai keinginanmu. Fokus belajar adalah kunci dari semua ini. Pastiin kamu nggak terlena dengan banyak hal dan tetap fokus sama apa yang sedang kamu pelajarin.

Terapkan Manajemen Waktu

manajemen waktu
sumber: wqa.co.id

Kenapa hal ini penting sih? Ketika di sekolah kamu pasti punya banyak kegiatan seperti mengikuti kursus, ikut ekstrakurikuler dan lainnya. Dan banyak hal ini mau nggak mau bakal memecah fokusmu kalau nggak kamu atur waktunya masing-masing.

Kamu bisa memulai dengan mencatat waktu mana saja yang bukan waktu belajar dan belajar. Pastikan setiap hari secara rutin kamu meluangkan waktu buat belajar ya sob. 

Pilih Prioritasmu

Kalau kamu ingin lolos seleksi jalur undangan ini berarti belajar harus jadi yang nomor satu sob. Karena ini akan mempengaruhi nilaimu yang ada dalam rapor. Inget ya rapor ini bakal dijadiin bahan penilaian apakah kamu berhak lolos jalur undangan atau tidak.

Percaya aja deh, nggak ada ruginya kok kamu jadiin belajar sebagai prioritasmu. Selain kamu dapat meningkatkan alih-alih mempertahankan nilaimu yang udah bagus kamu juga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dan bisa fokus dengan tujuanmu.

Coba Evaluasi Hasil Belajar

evaluasi hasil belajar
sumber: subkhiblog.com

Setelah kamu bekerja keras dengan belajar jangan lupa untuk mengevaluasi hasil belajarmu ya. Bisa setiap minggu nih. Misal dalam beberapa pelajaran nilaimu menurun berarti harus diperhatikan dan dicari tuh kira-kira apa ya yang salah sama metode belajarmu.

Kalau misal udah nemu dan kesulitan buat mengatasinya kamu bisa bertanya kepada guru atau temanmu yang ahli dalam mata pelajaran tersebut. Intinya jangan malu, inget kata pepatah “Malu bertanya sesat di jalan”.

Cara Tahu Soal Ketentuan Jalur SNMPTN

Mengetahui seluk beluk dari jalur undangan ini juga penting lho sob. Perlu kamu tahu nih kalau kuota penerimaan itu berbeda-beda tiap sekolah. Hal ini berdasarkan beberapa hal seperti akreditasi sekolah, prestasi alumni di kampus yang terkait dan lain-lain.

Nah berikut ini adalah ketentuan dari kuota yang diterima pada jalur SNMPTN berdasarkan pada akreditasi sekolah:

    • 40% untuk akreditasi A dan dipilih dari siswa terbaik dalam presentase itu.
    • 25% untuk akreditasi B juga dipilih dari siswa terbaik.
  • Sedangkan akreditasi C dan lainnya sebesar 5% dan diambil dari siswa terbaik di sekolah.

Coba Tentukan Fokus Prodi yang Kamu Inginkan

pilih fokus prodi
sumber: itera.ac.id

Sebelum masuk ke jalur ini pastiin kamu yakin pada program studi yang ingin kamu tempuh nantinya. Kalau bisa jangan sembarangan ya sob biar kamu nggak menyesal di akhir nantinya. Usahain kamu milih prodi ini sesuai dengan minat dan bakatmu ya sob.

Caranya adalah dengan melihat nilai rapormu mulai semester 1 hingga 5. Pada mata pelajaran apa aja sih yang nilainya stabil dan bahkan meningkat? Nah di situlah kamu bisa menentukan prodimu nantinya karena nilai tertinggi yang kamu dapat dalam sebuah mata pelajaran bisa aja nanti kamu ahli di situ.

Selain itu juga nilai mapelmu harus meningkat dan sesuai dengan kelasmu. Misal kelas IPS maka mapel wajib IPS kalau bisa yang bagus ya. Maka dari itu sob kalau bisa jangan lintas jurusan ya karena itu akan sedikit menyulitkanmu meskipun bisa aja sih kamu memilihnya. Yang penting yakin dan terus belajar ya!

Referensi:

8 Tips Lolos SNMPTN 2022 untuk Masuk PTN Impian (ruangguru.com)

Tips dan Cara Belajar Supaya Lulus SNMPTN 2021 (detik.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.