Pengertian dan Manfaat Sosiologi Bagi Kehidupan Masyarakat

2 min read

Pengertian Sosiologi dan manfaatnya bagi kehidupan

Buat kamu yang masih berada di sekolah menengah atas pasti dapat mata pelajaran yang namanya sosiologi. Kalau ditebak, sosiologi sesuai namanya itu ilmu yang mempelajari mengenai kehidupan sosial manusia dan lingkungannya. Sederhananya begitu sob.

Tapi kamu tahu nggak kalau ternyata sosiologi merupakan ilmu yang penting dan punya isi-isinya sendiri. Selain itu manfaat sosiologi bagi kehidupan juga ada lo. Jangan salah kalau sosiologi hanya dipelajari di sekolah. Secara nggak langsung kamu telah menerapkan sosiologi lho ketika bermasyarakat di lingkungan.

Lalu apa sih sosiologi itu dan gimana ya manfaatnya bagi kehidupan? Yuk langsung aja simak uraiannya di bawah ini, Sob.

Pengertian Sosiologi

Pengertian sosiologi
sumber: https://id.pinterest.com

Secara terminologi sosiologi berasal dari bahasa latin dan Yunani yaitu scius yang artinya berkawan dan logog yang bermakna ilmu. Nah dari dua arti tersebut sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan sosial dalam sebuah masyarakat. 

Ada juga yang mengatakan kalau definisi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang sifat, perilaku dan perkembangan masyarakat. Jadi yang ada dalam ilmu sosiologi adalah perilaku sosial antara individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok lainnya. 

Kita tahu bahwa manusia adalah makhluk sosial yang artinya membutuhkan manusia lainnya agar dapat memenuhi kebutuhannya. Maka dari itu setiap individu dalam masyarakat mempunyai perannya masing-masing dan saling melengkapi satu sama lain. 

Sosiologi Menurut Para Ahli

  • Emile Durkheim

Ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial yaitu fakta yang berisi cara bertindak, berpikir dan merasakan yang mengendalikan seorang individu.

  • Max Weber

Sosiologi merupakan hal yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara keanekaragaman gejala sosial yang ada seperti gejala ekonomi, gejala agama, gejala keluarga dan gejala moral serta lainnya. 

  • Auguste Comte

Ilmu yang mempelajari untuk mengetahui masyarakat dan dengan ilmu itu seseorang dapat menjelaskan, meramal serta mengontrol masyarakat. 

  • Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, pengertian sosiologi adalah ilmu yang fokus pada segi-segi kemasyarakatan yang sifatnya umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.

Sifat Dasar Sosiologi

Sifat dasar sosiologi
sumber: moondoggiesmusic.com

Empiris

Sosiologi merupakan ilmu yang didasari oleh observasi atau pengamatan dan bersifat masuk akal, yaitu hasilnya bukan sesuatu yang bersifat spekulatif atau dugaan.

Teoretis

Artinya dalam penyusunan abstraksi sosiologi dibuat berdasarkan observasi yang konkret di lapangan. Abstraksi disusun secara logis dan menjelaskan hubungan sebab-akibat sehingga menjadi sebuah teori.

Komulatif

Disusun berdasarkan teori-teori yang sudah ada, yang kemudian diperbaiki, diperluas, sehingga menguatkan teori-teori yang sudah ada.

Nonetis

Pembahasan masalah dalam sosiologi tidak mempersoalkan tentang baik atau buruknya masalah tersebut, namun lebih bertujuan untuk menjelaskan masalah secara mendalam.

Ciri-Ciri Sosiologi

  • Ilmu sosiologi yang mempelajari tentang hubungan antara manusia maupun masyarakat dalam sebuah lingkungan sosial.
  • Mempelajari mengenai gejala yang ada dan sering terjadi di dalam interaksi manusia.
  • Membahasakan mengenai apapun yang dapat dinilai baik dan buruk dengan cara penentuan dan penggolongan berdasar nilai dan norma yang ada dalam masyarakat.
  • Termasuk salah satu ilmu pengetahuan yang murni yaitu bisa dikaji secara teori dan bersifat terapan pula yang artinya bisa diterapkan langsung ke dalam kehidupan sehari-hari.
  • Bertujuan untuk menghasilkan pengertian serta pola-pola umum yang sering terjadi dalam interaksi manusia.

Objek Kajian Sosiologi

Objek kajian sosiologi
sumber: aku-semangatbelajar.blogspot.com
  • Objek Material, berupa kehidupan sosial, gejala-gejala, dan proses hubungan antara individu dalam masyarakat yang mempengaruhi kesatuan individu itu sendiri maupun kelompok-kelompok.
  • Objek Formal, yaitu manusia sebagai mahluk sosial dan interaksi manusia dengan manusia lainnya serta proses yang timbul dari interaksi manusia tersebut yang berada dalam masyarakat.
  • Objek Budaya, berupa faktor yang mempengaruhi interaksi antar manusia di dalam masyarakat.
  • Objek Agama, faktor yang dapat memicu dalam interaksi sosial masyarakat serta mempengaruhi hubungan manusia di dalam masyarakat.

Manfaat Sosiologi Bagi Kehidupan

  • Menyajikan dan memberikan data kajian yang bersifat sosiologis kepada siapapun yang membutuhkannya karena cakupannya yang luas dan menyeluruh.
  • Dapat menanggulangi masalah-masalah sosial yang ada seperti menggunakan metode preventif yaitu dengan penelitian yang mendalam terhadap gejala sosial. Juga dapat menggunakan metode represif yaitu proses penanggulangan secara langsung terhadap masalah yang muncul dan dirasakan dalam masyarakat. 
  • Bisa membangun pengetahuan sekaligus penelitian yang berbasis lapangan.
  • Dapat menjadi sesuatu yang membantu mengembangkan keterampilan baik itu individu maupun sebuah kelompok.
  • Memberikan pembelajaran untuk bersikap yang tepat di dalam masyarakat.
  • Membantu orang untuk menentukan arah berpikir.
  • Dapat menjadi ilmu yang bisa digunakan berbagai jenis kalangan.
  • Melahirkan para sosiolog untuk mengatasi masalah yang spesifik dan khusus karena mereka mempelajarinya guna untuk memecahkan masalah yang ada dalam masyarakat.
  • Dapat menjadi rekaman bagi sejarah dan bagaimana perkembangan sebuah peradaban dari waktu ke waktu. Dengan sosiologi, seorang ilmuwan atau orang lain dapat menentukan dan menggolongkan apa yang sedang terjadi dan peristiwa tersebut membawa efek apa saja pada masa kini, masa depan dan hal-hal lainnya.

Referensi:

Manfaat dan Fungsi Ilmu Sosiologi bagi Masyarakat (tirto.id)

Pengertian SOSIOLOGI adalah: Fungsi, Ciri, Sifat Dasar, dan Objeknya (maxmanroe.com)

Pengertian Sosiologi dan Objek Studinya | Sosiologi Kelas 10 (ruangguru.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.