Pengertian, Ciri, Jenis, dan Tujuan Filsafat serta Manfaatnya Bagi Kehidupan

2 min read

filsafat dan manfaatnya bagi kehidupan

Kalian suka membaca buku filsafat atau suka membaca biografi tokoh-tokoh filsuf? Kalian tahu nggak sih apa itu sebenarnya filsafat? Mungkin di pikiran kalian filsafat itu berhubungan dengan sesuatu yang berat ya. Sebenarnya nggak juga kok sob kalau kamu mau mempelajarinya.

Filsafat juga dikatakan sebagai induk segala ilmu pengetahuan lho. Kok bisa ya. Pokoknya filsafat itu asik kok. Emang filsafat punya manfaat bagi kehidupan ya? Jelas punya dong. Apa aja sih manfaatnya emang?

Yuk langsung aja simak uraiannya di bawah ini mengenai definisi dan pengertian filsafat serta manfaatnya bagi kehidupan.

Pengertian Filsafat

pengertian filsafat
sumber: pelajaran.co.id

Secara umum pengertian filsafat adalah sebuah studi yang membahas secara krtits dan skeptis tentang berbagai fenomena yang ada dalam pemikiran manusia lalu dijabarkan secara teoretis dan mendasar. 

Secara etimologi, istilah ‘filsafat’ berasal dari bahasa Yunani, yaitu philosophia dan philoshophos. Philo artinya cinta, sedangkan shopia atau shopos artinya kebijaksanaan, pengetahuan, dan hikmah. Sehingga dalam hal ini, definisi filsafat adalah sejumlah gagasan yang penuh dengan kebijaksanaan, pengetahuan, dan hikmah.

Filsafat Menurut Para Ahli

  • Arsitoteles

Filsafat menurutnya adalah ilmu pengetahuan yang meliputi kebenaran yang berisi ilmu metafisika, etorika, logika, dan etika juga ekonomi serta politik.

  • Cicero

Ibu dari semua seni atau the mother of all the arts dan merupakan seni kehidupan adalah pendapat Cicero mengenai apa itu filsafat.

  • Plato

Arti filsafat menurut Plato adalah suatu ilmu yang mencoba untuk mencapai pengetahuan tentang kebenaran yang sebenarnya. 

  • Immanuel Kant

Suatu ilmu pengetahuan yang menjadi pokok dan pangkal dari segala pengetahuan yang di dalamnya tercakup emapat persoalan yang metafisika, etika agama, dan antropologi.

  • Bertrand Russel

Menurut Bertrand Russel, filsafat adalah sebuah teologi yang berisi berbagai pemikiran tentang masalah-masalah yang pengetahuan definitif tentangnya, sampai sebegitu jauh, tidak dapat dipastikan. Namun seperti sains, filsafat dapat menarik akal manusia daripada otoritas tradisi maupun otoritas wahyu.

Ciri-ciri Filsafat

ciri-ciri filsafat
sumber: synaoo.com

Bersifat Universal 

Artinya bersifat umum dan tidak bersangkutan dengan objek-objek khusus misalnya pemikiran tentang manusia, keadilan, kebebasan, dan lain-lain.

Tidak Faktual

Artinya adalah sesuatu yang spekulatif dengan membuat berbagai macam dugaan yang masuk akal terhadap suatu hal namun tanpa bukti karena telah melampaui fakta-fakta ilmiah.

Berhubungan Dengan Nilai

Menurut C. J. Ducasse, pengertian filsafat adalah upaya manusia untuk mencari pengetahuan, berupa fakta-fakta yang disebut dengan penilaian. Dalam hal ini penilaian yang dimaksud adalah sesuatu yang baik dan buruk, susila dan asusila, dimana akhirnya filsafat menjadi suatu usaha untuk mempertahankan nilai-nilai.

Berhubungan Dengan Arti

Sesuatu yang memiliki nilai tentunya memiliki arti. Itulah sebabnya para filsuf menciptakan berbagai kalimat yang logis dan bahasa yang tepat (ilmiah), agar ide-idenya sarat dengan arti.

Implikatif

Pemikiran filsafat selalu terdapat implikasi (akibat), sehingga diharapkan akan dapat melahirkan pemikiran baru yang dinamis dan menyuburkan intelektual.

Tujuan Filsafat 

  • Untuk mengetahui sejarah perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dari berbagai bidang supaya memberi banyak pelajaran
  • Menjadikan manusia menjadi lebih terdidik dengan ilmu-ilmu pengetahuan dan bisa menilai secara objektif hal-hal yang ada dalam kehidupan
  • Sehingga manusia bisa bijak untuk menjalani hidup mereka di dunia.
  • Sehingga manusia terhindar dari sifat egosentrisme dan berpikiran yang luas.
  • Sehingga orang bisa berpikir, memiliki pendapat, mandiri dalam urusan agama dan kritis.

Jenis-jenis Filsafat

filsafat dan jenis-jenis
sumber: tirto.id

Filsafat Islam

Filsafat Islam merupakan filsafat dari seluruh ulama. Terdapat sejumlah perbedaan diantara filsafat Islam dengan filsafat lain diantaranya:

  • Para filsuf muslim asli mempelajari karya filsafat Yunani klasik khususnya karya Plotinus dan Aristoteles lalu disesuaikan dengan agama Islam.
  • Islam adalah agama tauhid.
  • Dalam tradisi lain, filsafat yaitu “menemukan Tuhan”, sedangkan dalam filsafat Islam Tuhan telah ditemukan
  • Filsuf Islam telah berpusat pada manusia dan alam, sebab seperti yang telah dimengerti bahwa pembahasan mengenai Tuhan tak ada akhir.

Filsafat Timur Tengah

Filsafat ini disebut sebagai pewaris filsafat barat. Filsuf timur tengah pertama yaitu orang muslim (arab) dan sejumlah orang yahudi yang berhasil menguasasi daerah Mediterania dan pertemuan antara tradisi mereka dengan kebudayaan filsafat Yunani.

Filsafat Barat

Filsafat ini merupakan ilmu yang umumnya secara akademis di pelajari di universitas yang berada di Eropa juga sekutunya. Filosofi ini merupakan bentuk pengembangan dari filsafat Yunani Kuno.

Filsafat Kristen

Awalnya, filsafat Kristen disusun oleh bapa gereja dalam menemukan tantangan pada abad pertengahan. Pada saat itu, kristen dunia barat berada di abad kegelapan dan banyak yang mulai bertanya mengenai keyakinan agama.

Filsafat Timur

Pengertian filsafat timur yaitu kultur filsafat yang tumbuh di wilayah Asia, khususnya India, China dan wilayah lain tang mendapat pengaruhnya. Ciri utama dari filsafat timur yaitu berkaitan dengan filsafat agama.

Manfaat Filsafat Bagi Kehidupan

  • Mengajarkan untuk melihat segala hal dengan multi dimensi
  • Membantu kita untuk mengerti diri sendiri dan dunia
  • Mengasah hati dan pikiran untuk lebih kritis terhadap fenomena yang berkembang
  • Melatih cara penalaran seseorang secara efektif

Itulah beberapa manfaat dan tentunya masih banyak lagi yang bisa kita dapatkan dari filsafat nih sob.

Referensi:

Pengertian Filsafat Adalah: Sejarah, Makna Ciri, Tujuan (pengajar.co.id)

20 Manfaat Belajar Filsafat bagi Kehidupan – Manfaat.co.id

Pengertian FILSAFAT adalah: Arti, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Cabangnya (maxmanroe.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.