Mengenal Teks Diskusi, Sebuah Catatan Penting!

3 min read

mengenal teks diskusi

Kawan pasti pernah melakukan kegiatan diskusi bersama teman atau keluarga kalian, kan. Dalam sebuah kegiatan diskusi yang bersifat formal, akan menghasilkan teks diskusi. Teks diskusi biasanya dibuat untuk mencatat, mendokumentasikan, atau menyimpan hal-hal penting dalam suatu pertemuan ilmiah agar bisa digunakan kembali saat dibutuhkan.

Teks jenis ini merupakan salah satu jenis tulisan yang berisi rangkuman mengenai suatu diskusi atau pembahasan dengan kaidah kebahasaan yang unik.Teks diskusi ini juga dapat dijadikan berita yang dimuat di media massa. Teks ini merangkum hasil diskusi kemudian memaparkan informasi secara valid dan dapat dipercaya.

Lalu, apa yang dimaksud dengan teks diskusi? Bagi kawan yang bercita-cita sebagai jurnalis atau wartawan profesional, tentu harus mengenal dan memahami jenis teks ini. 

Pengertian Diskusi dan Teks Diskusi

pengertian teks dikusi
sumber: yuksinau.id

Sebelum kawan mengetahui apa  itu teks diskusi, kawan harus tahu dulu apa itu diskusi. Diskusi merupakan pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Dalam diskusi, kawan akan menemui argumen-argumen dari setiap partisipan diskusi.

Maka dapat disimpulkan, teks diskusi adalah bahan tulisan yang merangkum dan mencatat hal-hal penting tentang isu atau masalah yang ada dalam pertemuan ilmiah. Teks diskusi dapat berupa argumen-argumen yang muncul pada saat diskusi berlangsung, seperti pendapat setuju atau tidak setuju pada hasil diskusi. 

Pertemuan Apa yang Bisa Memunculkan Teks Diskusi?

Tidak semua pertemuan akan menghasilkan teks diskusi, kawan. Namun, hanya pertemuan yang bersifat formal yang membahas isu atau suatu masalah. Kegiatan tersebut dijamin akan menghasilkan teks yang berisi tentang pendapat atau argumen yang saling berlawanan.

Teks diskusi bisa juga disebut sebagai pengembangan dari argumen suatu topik atau isu. Sebuah diskusi biasanya dilakukan atas isu yang sedang hangat. Lalu, dibahas dengan menghadirkan sekurangnya dua ahli di bidang yang sama atau di beberapa bidang yang saling berhubungan. 

Apa Tujuan Teks Diskusi Disusun?

Setelah mengetahui apa itu teks diskusi, kawan perlu tahu nih apasih tujuan menyusun teks diskusi? Teks ini disusun untuk menyampaikan pendapat untuk bertukar gagasan atau ide, juga melihat dari sudut pandang lain yang lebih luas. Jadi, bisa dipastikan bentuk teks ini hampir selalu mempunyai dua pendapat yang kontradiktif. 

Meski hampir semua teks diskusi memiliki pendapat yang berlawanan, ada juga teks yang tidak mempunyai argumen yang berbeda. Argumen atau pendapat dalam teks tersebut punya satu frekuensi yang menyebabkan dua atau lebih argumen saling melengkapi satu sama lain.

Tulisan ini juga bertujuan sebagai wadah untuk menciptakan kesepakatan bersama untuk mencapai titik tengah dari argumen yang berlawanan tadi, kawan. Kondisi lain pun bisa terjadi, ketika suatu pihak memiliki argumen yang lebih kuat dari yang lain. Pihak lain yang pendapatnya lemah akan mengikuti argumen yang lebih kuat tersebut.

Teks yang berisi diskusi bertujuan mencegah terjadinya konflik akibat perbedaan pendapat yang dimiliki antara dua pihak atau lebih. Sebab, diskusi digelar secara formal serta dihadiri oleh para pakar yang diselenggarakan dengan persiapan matang.

Apa Aja Jenis dan Contoh Teks Diskusi?

contoh teks diskusi
sumber: yuksinau.id

Teks diskusi ini punya beberapa jenis nih kawan. Untuk jenis-jenis dan contoh teks diskusi ini bisa kawan simak dibawah ini.

1.Lokakarya

Lokakarya adalah sebuah acara atau pertemuan para ahli di bidang tertentu. Tujuan pertemuan ini adalah membahas isu atau masalah yang berkaitan dengan bidang keahlian merek yang bertujuan untuk mencari solusi buat permasalahan-permasalahan di bidang tertentu.

2. Kongres

Kongres adalah pertemuan besar dari wakil-wakil organisasi (politik, profesi, sosial). Diskusi ini bertujuan untuk mengambil keputusan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah pada bidang tersebut.

3. Sarasehan

Pertemuan ini dilaksanakan dengan mengundang seorang ahli di bidang tertentu dan mendengarkan pendapatnya, kemudian mengundang sejumlah orang.

4. Seminar

Seminar merupakan sebuah pertemuan khusus yang bertujuan untuk melakukan studi menyeluruh tentang suatu topik untuk pemecahan masalah. Kegiatan ini memerlukan interaksi dari para peserta seminar yang dibantu oleh seorang guru besar atau cendekiawan.

5. Muktamar

Muktamar adalah sebuah pertemuan tertinggi yang dilaksanakan oleh pemimpin pusat pada suatu organisasi. Pertemuan itu dihadiri oleh para wakil organisasi itu buat mengambil keputusan tentang suatu permasalahan yang sedang dihadapi organisasi tersebut.

6. Simposium

Simposium adalah serangkaian pidato pendek yang dilakukan oleh seseorang di depan para hadirin atau pengunjung yang datang.

7. Diskusi Panel

Kegiatan ini merupakan forum pertukaran pikiran yang dilakukan oleh sekelompok orang yang berhadapan. Orang-orang ini, lalu membahas suatu topik yang udah dipersiapin, kawan.

Selanjutnya adalah contoh, kawan bisa melihat contoh teks diskusi di bawah ini. 

  • Contoh Isu atau Permasalahan

Rokok merupakan produk dari tembakau. Bebagai negara memiliki kebijakan yang berbeda untuk regulasi rokok. Muncul pro kontra mengenai rokok di Indonesia.

  • Contoh Argumen

Argumen pro: Regulasi rokok sebaiknya dihentikan. WHO dan lembaga kesehatan lain mencatat banyak angka penyakit dan kematian yang diakibatkan oleh rokok. 

Argumen kontra: Orang desa dan orang yang hidup zaman dahulu sehat-sehat saja meski tidak ada pembatasan konsumsi atau regulasi rokok. Buruknya kesehatan tidak hanya terjadi karena rokok saja, tetapi memang kondisi bumi sudah semakin buruk.

  • Contoh Kesimpulan

Kita sama-sama merasa dirugikan oleh dominasi pabrik rokok. Regulasi rokok yang diatur oleh pemerintah sebaiknya lebih memikirkan hak petani dan perokok pasif.

Sumber:

Teks Diskusi: Pengertian, Struktur, Jenis, Tujuan, Unsur, Contoh (cerdika.com)

Teks Diskusi: Pengertian, Struktur, Tujuan dan Contoh (penerbitbukudeepublish.com)

Teks Diskusi: Pengertian, Struktur & Kaidah Kebahasaan | Bahasa Indonesia Kelas 9 (ruangguru.com)

Teks Diskusi: Tujuan/Fungsi, Ciri, Kaidah Kebahasaan, Struktur, Contoh (kompas.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.