Kenali Yuk Apa itu Teks Eksposisi Beserta Contohnya Ini!

2 min read

teks ekposisi dan contohnya

Dalam mata pelajaran bahasa Indonesia tentunya kalian udah mengenal banyak jenis teks seperti teks berita, teks eksplanasi dan teks iklan kan sob? Nah kali ini kita bakal membahas salah satu teks yang mirip dengan esai yaitu teks eksposisi. Kok mirip dengan esai ya? Makanya simak sampai selesai ya. 

Jangan salah sob, nama eksposisi emang mirip sama oposisi ya hehehe. Tapi itu dua hal yang berbeda kok. Teks eksposisi ini salah satu jenis teks yang ada dari sekian jenis lainnya yang tentunya punya tujuan dan fungsinya sendiri.

Lalu gimana sih sebenernya teks eskposisi itu? Yuk langsung aja kita simak penjelasan soal teks eksposisi di bawah ini.

Pengertian Teks Eksposisi

pengertian teks eksposisi
sumber: blogspot.com

Teks ini merupakan salah satu jenis tulisan atau karangan yang mengandung sejumlah infromasi dan pengetahuan. Tersaji atau tertuliskan secara singkat padat dan jelas serta akurat. Teks eksposisi ini merupakan salah satu jenis teks non-fiksi lho sob. Yaitu teks yang berdasarkan data dan tidak dikarangan secara bebas seperti fiksi.

Teks eksposisi mempunyai fungsi menyampaikan gagasan tertentu yaitu pemikiran mengenai sebuah topik. Dalam teks eksposisi terdapat argumentasi atau pendapat berdasarkan data dari si penulisnya. Tentunya argumentasi ini haruslah kuat supaya mendukung seluruh isi teks dan topik yang sedang dibicarakan. 

Beragam teks eksposisi digunakan baik secara lisan maupun tulisan lho sob. Misalnya aja nih ketika kamu dan teman-temanmu sedang mengikuti sebuah diskusi dalam workshop atau seminar. Seperti orang yang mengutarakan argumennya juga termasuk ke dalam eksposisi yang keluar dalam bentuk lisan. 

Tujuan Ditulisnya Teks Eksposisi

Sebuah teks tentunya punya tujuannya sendiri ya sob. Kalau dilihat dari pengertiannya sendiri, bisa dibilang tujuan dari teks eksposisi adalah untuk memberikan dan menjelaskan informasi tertentu sehingga dapat memberikan pembaca insight lain atau pandangan dari sudut lain. 

Mengapa begitu? Sebab dalam teks eksposisi terdapat argumentasi atau pandangan pribadi dari si penulis yang bisa saja bertolak belakang maupun selaras dengan pembaca tertentu. Nah dengan begini dapat terjadi adanya perbedaan pandangan yang membuat sebuah topik akan terus berkembang dan diperdebatkan.

Ciri-ciri Dalam Teks Eksposisi

ciri teks eksposisi
sumber: jagad.id

Teks eksposisi memiliki ciri-ciri sebagai berikut nih sob:

  • Teks bersifat singkat dan padat artinya tidak bertele-tele dan fokus pada topik yang sedang dibahas.
  • Gaya bahasa dan informasinya terdapat unsur yang mengajak pembaca
  • Disampaikan secara lugas dan menggunakan bahasa yang baku sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia
  • Berisi mengenai informasi ilmiah dan pengetahuan-pengetahuan tertentu
  • Tidak memihak pihak tertentu dan tidak memaksakan argumen penulis ke pada pembaca yang ada
  • Bersifat objektif dan netral
  • Penjelasannya dibarengi dengan data yang akurat
  • Fakta yang ada digunakan sebagai bahan untuk validasi dan pembuktian
  • Biasanya menjawab pertanyaan seperti apa, siapa, kapan, di mana, mengapa dan bagaimana.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

  • Eksposisi Definisi

Yaitu teks eksposisi yang menjelaskan dan memaparkan pengertian dari sebuah topik tertentu.

  • Eksposisi Proses

Dalam teks ini, berisi tahapan atau langkah-langkah dan cara melakukan sesuatu dari awal hingga akhir.

  • Eksposisi Ilustrasi

Kalau teks ini berisi gambaran atau ilustrasi disertai dengan penjelasan sederhana tentang sebuah topik dengan topik lainnya yang punya kesamaan sifat dan mirip satu sama lain.

  • Eksposisi Pertentangan

Dari namanya dapat kita ketahui nih sob kalau teks ini berisi mengenai gambaran dan penjelasan dari dua hal atau lebih yang saling bertentangan.

  • Eksposisi Laporan

Memberikan laporan atau penjelasan dari sebuah peristiwa atau kejadian biasanya juga mengenai penelitian tertentu.

  • Eksposisi Perbandingan

Teks ini berbeda dengan eksposisi pertentangan ya sob, kalau teks ini lebih ke perbandingan dari sebuah ide atau gagasan utamanya yang berbeda dan dibandingkan dengan hal lain.

Contoh-contoh Teks Eksposisi

contoh teks eksposisi
sumber: fappin.com
  • Eksposisi Definisi

Menurut Jamiat Abdillah, harimau didefinisikan sebagai hewan karnivora yang berasal dari keluarga kucing. Nama ilmiah harimau itu sendiri adalah Felis silvestris catus atau Felis catus. Harimau yang sama bercampur dengan kehidupan manusia dari SM. Ini merujuk pada penemuan jenis kerangka kucing di Pulau Sumatra. Hari ini harimau adalah salah satu spesies hewan domestik paling populer di komunitas Arab.

  • Eksposisi Proses

Teh manis panas adalah minuman yang cocok untuk diminum saat musim hujan di mana suhunya agak dingin. Cara menyiapkan minuman ini relatif sederhana, di mana caranya adalah:

  • Siapkan sejumlah bahan seperti 1 kantong teh, 2 sendok teh gula dan air panas yang cukup. Jangan lupa, sediakan juga beberapa alat seperti sendok dan cangkir.
  • Masukkan cukup air panas ke dalam cangkir, lalu masukkan kantong teh. Tunggu sampai air panas berwarna coklat kemerahan.
  • Setelah air berwarna cokelat kemerahan, lalu masukkan dua sendok makan gula putih ke dalam air. Aduk sampai gula tercampur dengan air dan air teh menjadi lebih manis.
  • Teh manis panas siap disajikan. Jika Anda tidak menyukai gula, pemanis teh dapat diganti dengan pemanis lain seperti madu atau gula merah yang dihancurkan.

 

Referensi:

Contoh Teks Eksposisi Definisi – Pengertian dan Contoh (majalahpendidikan.com)

Mengenal Jenis-Jenis Teks Eksposisi dan Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas 10 (ruangguru.com)

Teks Eksposisi – Pengertian, Contoh, Struktur, Ciri, Kaidah (gurupendidikan.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.