Kenali Struktur, Unsur, Cara Membuat dan Analisis Teks Berita ini Yuk!

3 min read

Cara menulis teks berita

Kamu pasti udah nggak asing lagi kan sob dengan arus informasi pada zaman sekarang ini. Penyebaran berita dari media massa yang ada terbilang cepet banget lo. Apalagi dengan adanya sosial media, kalau ada yang trending dikit pasti udah nyebar ke mana-mana tuh.

Kamu penasaran nggak sih gimana para penulis berita itu meracik dan meramu tulisannya untuk dipublikasi ke khalayak umum? Pasti penasaran kan? Dan tentunya ada teknik  tersendiri nih buat menulis berita karena isinya yang berdasarkan fakta yang peristiwa apa yang sedang terjadi. 

Kamu udah tau kan apa itu teks berita dan gimana pengertiannya? Kalau udah tahu kita bakal beranjak nih ke hal yang lebih spesifik lagi yaitu unsur-unsur berita, cara membuat atau menulis teks berita serta analisisnya, biar kamu makin paham dan mudah ketika ingin praktek menulis berita. Langsung aja yuk simak uraiannya di bawah ini.

Struktur Teks Berita 

struktur teks berita
sumber: cerdika.com

Kalau bicara soal struktur pasti yang terbayangkan adalah hal yang menyusun hal lain misalnya seperti pondasi atau struktur rumah. bisa juga struktur dari teks lain. Nah teks berita juga mempunyai strukturnya sendiri lho. Sebelumnya kita udah bahas apa itu struktur berita dan kali ini kita perdalam sedikit ya biar makin hapal dan bisa menulis teks berita tanpa harus bersusah payah.

  • Orientasi Berita atau Bagian Awal

Seluruh teks tentunya mempunyai bagian awalnya sendiri. Karena awalan ini menentukan bagaimana teks akan menjadi sesuatu yang utuh. Dalam teks berita orientasi biasanya berisi mengenai pembukaan dari sebuah hal atau peristiwa yang akan diberitakan. Dalam orientasi, biasanya hal yang akan disampaikan bersifat singkat. 

  • Peristiwa atau Bagian Tengah

Nah kalau bagian ini sedikit lebih rinci dari sebelumnya sob. Berisi tentang jalannya kejadian dari awal hingga akhir sesuai dengan data dan fakta yang terjadi di lapangan nih. Di bagian ini kamu tidak bisa mengarang bebas sob karena namanya juga berita kan? Jadi harus sesuai dengan keadaan dan peristiwa yang sedang terjadi. 

  • Sumber Berita

Bagian ini biasanya dapat kamu temui di bagian sebelum awal kalimat dari teks berita. Menerangkan tentang dari mana berita tersebut didapatkan dan di mana peristiwa atau kejadian yang sedang terjadi. 

Unsur-unsur Teks Berita

Unsur berita 5w 1h
sumber: sites.google.com

Sebelum kalian membuat teks berita tentunya hal yang pertama harus dilakukan adalah mengenali bagian-bagiannya. Setelah mengetahui strukturnya seperti di atas hal berikutnya adalah mengetahui unsurnya. Kalian pasti udah nggak asing lagi deh sama 5W+1H. Yup! Itulah unsur dari teks berita, what, who, where, when, why dan how.

  • What (Apa)

Berisi mengenai kejadian apa yang terjadi dan peristiwa apa dalam sebuah berita.

  • Who (Siapa)

Siapa saja yang terlibat dalam peristiwa tersebut.

  • Where (Di mana)

Tempat di mana peristiwa tersebut terjadi.

  • When (Kapan)

Waktu ketika peristiwa itu terjadi.

  • Why (Mengapa)

Sebab maupun akibat mengapa peristiwa itu terjadi. Berisi latar belakang peristiwa.

  • How (Bagaimana)

Proses terjadinya sebuah peristiwa secara kronologis atau berurutan.

Piramida Terbalik 

piramida terbalik teks berita
sumber: https://es.slideshare.net

Dalam sebuah teks berita terdapat beberapa bagian yang diklasifikasi menjadi lead, neck, dan body. Hal ini disebut sebagai piramida terbalik. Bagian-bagian tersebut merupakan formula yang biasanya digunakan para wartawan nih sob untuk menulis teks berita. 

  • Lead 

Bagian ini disebut juga sebagai kepala berita atau merupakan puncaknya. Bagian ini biasanya memuat pertanyaan dari unsur 5W dan 1H yang udah kita bahas di atas. Karena bagian ini penting maka unsur yang ada harus terjawab semua. Jadi pastikan dulu ya kamu menentukan dan menggolongkannya ke dalam lead atau kepala berita.

  • Neck

Leher berita, bagian ini juga penting karena merupakan peralihan alur atau penyambung alur ide berita yang ada bagian lead. Atau bisa juga disebut sebagai lanjutan yang lebih rinci dari bagian lead.

  • Body

Berisi tentang penjabaran dari hal yang sudah dituliskan sebelumnya. Mencantumkan berbagai data yang sudah ada dan disusun sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah informasi yang utuh dan lengkap. 

Cara dan Langkah-langkah Menulis Berita

langkah menulis berita
sumber: jalurtekno.id

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan meliput sebuah kejadian yang sedang terjadi di sekitarmu. Kamu juga perlu mencatat semua informasi yang ada dalam peristiwa tersebut yaitu mengenai unsur 5W dan 1H. Misalnya adalah analisis sebagai berikut:

  • Peristiwa apakah yang sedang terjadi? (What)

Terjadi sebuah pemadaman listrik di daerah A selama empat jam.

  • Siapa saja orang yang terlibat dalam peristiwa tersebut? (Who)

Pihak PLN dan petugas yang melakukan pemadaman dan beberapa warga terkena dampaknya.

  • Kapan peristiwa itu terjadi?

Sejak pukul sembilan pagi pada tanggal 12 januari 2022.

  • Di manakah peristiwa tersebut?

Terjadi di desa A kecamatan B.

  • Mengapa peristiwa tersebut terjadi?

Pemadaman listrik terjadi karena adanya angin besar dan hujan deras disertai badai.

  • Bagaimana peristiwa tersebut terjadi?

Angin yang berembus kencang menyebabkan salah satu komponen di pembangkit listrik rusak dan diharuskan untuk diadakan sebuah pemadaman selama perbaikan berlangsung. Hal ini tentunya membuat beberapa daerah tidak bisa mengakses listrik dan harus menunggu sampai waktu perbaikan selesai.

Nah setelah mencatat hal-hal tersebut kamu bisa memulai menyusunnya dengan menentukan orientasi berita, peristiwa dan sumber beritanya. Selain itu jangan lupa untuk memprioritaskan informasi penting di atas untuk masuk ke dalam bagian lead, neck dan body seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Referensi:

Teks Berita : Cara Membuat, Langkah-langkah dan Contohnya Lengkap | TutorialBahasaInggris.Co.Id

Teks Berita : Pengertian, Struktur, Contoh, Unsur 5W+1H (gurupendidikan.co.id)

5W 1H : Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Teks Berita (zonareferensi.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.