Gaya Belajar Albert Einstein Ini Bisa Kamu Tiru untuk Cara Belajarmu Lho!

2 min read

gaya belajar albert einstein

Banyak cara nih sob buat bikin belajarmu jadi menyenangkan dan bisa memberikan hasil yang efektif. Bisa kamu mulai dari dirimu dahulu seperti mengetahui di mana minatmu, menata ruang belajar dan sebagainya.

Misal kamu masih menemukan rintangan dalam belajar sesudah melakukan hal-hal di atas, ngga usah khawatir sob. Masih ada cara lain kok buat mengatasi cara belajarmu supaya memberikan hasil yang efektif dan memuaskan.

Nah gimana sih gaya belajar yang seperti itu? Kamu bisa meniru gaya belajar para ilmuan dan cendekiawan kelas dunia seperti Albert Einstein. Gimana tuh cara belajarnya? Yuk simak aja gaya belajar Albert Eisntein di bawah ini.

Selalu Punya Rasa Ingin Tahu

selalu punya rasa ingin tahu
sumber: anekatop10.com

Yang bikin Eisntein bisa seterkenal sekarang selain dia memang cerdas adalah sifatnya nih sob. Yaitu dia punya keingintahuan yang besar terhadap segala hal. Tapi ternyata nggak cukup hanya dengan ingin tahu saja lho sob.

Kamu pasti memenrima materi dari gurumu dan seringnya langsung menerimanya. Nah coba sekarang kamu pertanyakan, misal asal-usul rumus tertentu. Mengapa sih rumus ini bisa begini dan begitu? Nah seperti itulah cara belajar Eisntein waktu itu. Dia nggak berhenti hanya dengan menerima, ia mempertanyakan bagaimana suatu hal itu bisa terjadi. 

Ketika mencari ilmu, mempertanyakan bagaimana dan mengapa dari sebuah hal bisa menjadi awalan buatmu untuk mempelajari suatu hal dan memperdalamnya. Dengan begitu kamu bakal paham konsep dari sebuah pelajaran dan nggak hanya berhenti di teknik menghafal saja.

Melamun dan Mengembarakan Pikiran untuk Mendapatkan Ide

Kita semua pasti pernah melamun kan sob dan rasanya menyenangkan ya hehehe. Karena kita membayangkan segala hal dan bisa berimajinasi seluas mungkin. Nah ilmuan asal Jerman ini mengakui bahwa salah satu caranya dalam mempelajari dan mendapatkan ide dari melamun lho sob. Sangar banget ya!

Nggak disangka ya ternyata dengan cara melamun ini bisa dapetin ide. Tapi emang bener sih, kamu pasti mengalaminya kan ketika melamun pasti terpikirkan ide-ide gila dan nggak biasa dari sebelumnya.

Menyeimbangkan Jasmani dan Rohani

menyeimbangkan jasmani dan rohani
sumber: sejukmenyejukan.com

Kamu mungkin berpikir bahwa untuk menjadi pintar haruslah selalu belajar terus-terusan. Namun ternyata itu hal yang salah juga lho sob. Belajar terus menerus hanya akan membuat dirimu kelelahan.

Einstein juga menyadari hal ini, dia tidak terus-terusan belajar nih tapi juga senang bermain bola atau aktivitas fisik dan olahraga lainnya. Hal ini memang penting karena dengan tubuh yang sehat karena olahraga maka pikiranmu akan lancar dan fresh ketika belajar.

Einstein juga senang bersosialisasi dan bermain biola. Dengan begitu maka dia mencapai sebuah keseimbangan antara jasmani dan rohaninya. Maka belajarpun jadi lebih seger dan nggak melelahkan sob.

Berteman dengan Orang-orang yang Cerdas

Kamu pasti pernah mendengar ucapan jika kamu berkawan atau berteman dengan seorang penjual minyak wangi maka kamu akan terkena wanginya atau kamu diberi minyak wangi olehnya. Dan jika kamu berteman dengan seorang pandai besi kamu akan terkena api atau bau asapnya.

Maksudnya adalah kamu harus pandai memilih teman yang seperti apa. Hal ini dilakukan Einstein, dia berteman dengan orang-orang yang cerdas sehingga dia juga ikut mendapatkan ilmu yang mungkin nggak didapatkan di tempat lain.

Nah coba kamu selektif dalam memilih teman. Dengan memilih teman yang cerdas dan suka berdiskusi serta gemar belajar maka secara tidak langsung kamu akan ikut menjadi disiplin dan terbawa iklim belajar yang ideal. 

Cari Tahu Cara Belajar yang Tepat Buat Kamu

cara belajar yang tepat untukmu
sumber: utakatikotak.com

Kamu tahu nggak kalau salah satu cara Einstein untuk belajar adalah meminta teman-teman membuatkan catatan di kelas saat dia sedang membaca fisika dan matematika. Hal ini karena Einstein tahu cara belajar yang tepat untuknya yaitu bisa mempelajari pelajaran di kelas yang tidak ia ikuti.

Namun kamu nggak harus selalu meniru cara ini ya sob. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebiasaan dirimu seperti belajar dengan mendengarkan musik. Atau bisa belajar di ruangan terbuka atau bahkan dengan tempat yang bersuasana alam.

Menyiapkan Diri untuk Siap Gagal

Einstein adalah salah satu ilmuan yang tentunya pernah mencoba berbagai hal dari buah pemikirannya. Dia pasti sudah tahu bahwa suatu saat percobaannya akan gagal karena nggak mungkin juga semuanya akan langsung berhasil.

Keberhasilan muncul dari pembelajaran yang diambil dari kegagalan yang ada. Nah kamu juga harus menerapkan hal ini, kamu harus siap gagal dalam artian kamu ga bakal bisa langsung menguasai suatu materi. Maka dari itu siapkan dirimu untuk gagal dan jangan menyerah dengan hal itu. Ambil pelajaran dan evaluasi apa yang membuat belajarmu kurang efektif. Dengan begitu kamu akan bisa mengatasi masalah sebelumnya ketika belajar lagi.

Referensi:

Yuk, Intip Cara Belajar Para Ilmuwan Dunia! (ruangguru.com)

7 Kebiasaan Belajar yang Membuat Einstein Jadi Genius, Bisa Ditiru Nih! (detik.com)

6 Gaya Belajar Albert Einstein, No. 2 Paling Unik! – SimulasiKu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.