Contoh Cerpen yang Bisa Kamu Jadikan Referensi Untuk Menulis Cerpenmu Sendiri

2 min read

contoh cerpen

Nah kalau udah tahu apa aja yang ada dalam teks cerpen pastinya udah bisa nulis dong sob? Kalau kamu masih merasa kurang kamu bisa membaca cerpen-cerpen lain untuk bahan bakarmu menulis nih.

Langsung aja yuk kita lihat contoh-contoh cerpen di bawah ini!

Contoh Cerpen Mini

contoh cerpen mini
sumber: trifaris.net

Sepasang Mata

Sepasang mata tajam itu menjelajahi seluruh penjuru ruangan. Bibirnya yang tipis menyunggingkan senyum yang sulit diartikan. Sesekali kepulan asap keluar dari mulutnya.Tempat itu terlihat gelap dengan pencahayaan yang remang-remang. Lampu-lampu itu terlihat mempunyai beragam warna. 

“Kau masih merokok?”

Wanita itu menoleh. Seorang pria menatapnya dengan tatapan penasaran.

“Memangnya kenapa?”

Pria itu mengembuskan napas. “Merokok tidak baik untuk kesehatanmu. Terutama rahim.”

“Buktinya aku masih bisa melahirkan Rara.” Sang wanita yang memakai rok span hitam selutut dan blazer merah itu menyengir. “Kau yang membuatku begini. Karena kau menolak cintaku. Dan sialnya, aku harus bekerja di tempatmu. Jadi sekretaris pribadi, pula!”

“Apa… kau masih…,” gumam pria itu.

“Ya! Aku masih mencintaimu,” jawab wanita itu, lantang.

Pria itu mengembuskan napas lagi. Menatap wanita cantik yang baru berumur kepala tiga itu dengan perasaan tak keruan. Antara merasa bersalah, prihatin, kecewa, khawatir, dan berbagai prasangka buruk.

“Tapi, kau sudah punya suami,”

“Aku tidak mencintainya,” sahut wanita itu. Dia terlihat marah. Menekan puntung rokoknya di asbak sampai bara merah itu mati. “Aku terpaksa menikah dengannya karena dia pilihan ibuku.”

Pria itu hanya terdiam. Mendengarkan cerita yang keluar dari bibir wanita itu.

***

Bram melempar jasnya. Dia membaringkan tubuh di kasur. Dia masih mengingat kata-kata Sena, bahwa wanita itu masih mencintainya.

Bram mengembuskan napas. Dulu, saat mereka masih SMA, Sena memang dekat dengannya. Sebagai teman. Saking dekatnya, Sena sampai berani mengatakan pada Bram bahwa gadis itu mencintainya.

Sebenarnya, Bram juga menyayanginya. Tapi, Bram saat itu telah dijodohkan.

***

Sena menggoyang-goyangkan pinggulnya, mengikuti irama musik. Berusaha menghibur diri. Bram langsung pulang ketika Sena selesai bercerita.

Sena tidak peduli. Yang terpenting sekarang, Sena memikirkan sebuah rencana dengan matang. Rencana untuk menghancurkan perusahaan Bram.

Nah contoh di atas adalah contoh dari cerpen mini yang seusai dengan pengertiannya yaitu katanya bisa kurang lebih dari tiga ratus dan bisa dibaca dalam waktu yang singkat sekali. Di dalamnya kamu bisa menemukan awalan, konflik, permasalahan hingga selesaian.

Contoh Cerpen Anak

contoh cerpen anak
sumber: dongengceritarakyat.com

Kembalinya Putra Durhaka

Pada suatu hari hiduplah seorang petani kaya di daerahnya. Petani tersebut memiliki perkebunan yang luas. Sang petani pun memiliki dua orang anak yang selalu dimanjakan dengan harta kekayaannya. Dengan kekayaan yang berlimpah disertai pelayan yang banyak, sang petani hidup bahagia dengan istri dan anak-anaknya.

Hingga pada suatu ketika anak yang lebih muda telah beranjak dewasa. Ia pun menjadi berani melawan ayah dan ibunya. Bahkan ia meminta bagian dari kekayaan ayahnya. Sang ayah dan ibu selalu menasehati anaknya agar tidak berbuat demikian karena tidak baik.

Namun, bukannya mengerti, sang anak malah marah dan emosi dan ia tidak mendengarkan nasehat dari ayah dan ibunya. Pada akhirnya karena terus memaksa, akhirnya sang anak mendapatkan bagian tanah yang inginkan. Setelah mendapatkan bagian, tidak menunggu waktu lama, sang anak langsung menjadikan tanah tersebut uang, dengan cara menjualnya.

Sehingga ia menjadi kaya dan memiliki banyak uang dari hasil penjualan tanahnya. Karena banyak uang, ia memiliki banyak teman. Namun sayangnya seluruh temannya buruk dan hanya ingin memanfaatkan kekayaannya saja. Temannya yang jahat memengaruhi dia untuk pergi ke negara lain dan hidup bersenang-senang di sana. Karena pengaruh buruk dari temannya, ia menjadi anak yang buruk dan jahat.

Ia menjadi bangkrut dari perusahaannya dan kehabisan seluruh uang yang dimilikinya. Ia menjadi gelandangan yang memiliki banyak hutang. Karena hutang yang dimilikinya, ia menjadi sangat kesulitan hidup di negara tersebut. 

Dalam keterpurukannya, ia menyesali segala perbuatannya dan ingin kembali menemui kedua orang tuanya, dan meminta maaf kepada orang tuanya. Kemudian ia pulang kembali ke desa tempat ia berasal dan ia bertemu dengan kedua orang tuanya.

Ia meminta maaf, dan orang tuanya memaafkannya. Akhirnya ia menjadi pemuda yang berbakti kepada orang tuanya, dan turut bekerja membantu kedua orang tuanya. Ia pun hidup dengan bahagia.

Cerpen di atas adalah salah satu jenis cerpen anak yang isinya adalah menceritakan kisah yang bisa dibaca anak-anak. Kamu tentunya bisa membedakan gaya bahasa dan kalimat yang digunakan dalam dua cerpen di atas. Nah dengan begini kamu bisa mendapatkan perbedaan yang signifikan dan bisa kamu jadiin sebagai referensi dalam menulis cerpen. Tentunya kamu bisa kok sob eksplorasi dalam gaya bahasa. Selamat mencoba ya!

Referensi:
9 Cerpen Anak yang Asik, Singkat, Lucu dan Mendidik (made-blog.com)

Empat Contoh Cerpen Fiksi Mini atau flash fiction dengan Genre Metropop – BLOG PELAJARAN SEKOLAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.