Biar Makin Ngerti Yuk Pahami Kebahasaan dan Analisis Teks Eksposisi Ini!

3 min read

kebahasaan dan analisis teks eksposisi

Sobat udah pada tahu kan apa itu teks eksposisi yang udah kita bahas sebelumnya? Nah kalau udah tahu kalian pernah nggak mempraktekan menulis teks eksposisi atau bahkan mendapatkan pr dari sekolah untuk membuat teks eksposisi.

Kalau kamu belum paham dengan apa itu teks eksposisi, santai aja sob. Kita bakal bahas di sini ya. Sebelum itu kamu perlu tahu nih kalau teks eksposisi itu mempunyai struktur dan kaidahnya tersendiri jadi ga bisa sembarangan ya sob nulisnya.

Langsung aja yuk simak penjelasannya di bawah ini biar kamu makin paham dan bisa menulis teks eksposisi yang baik dan benar.

Struktur Teks Eksposisi 

struktur-teks-eksposisi
sumber: diedit.com
  • Judul

Bagian ini tentunya ada pada semua jenis teks ya sob. Fungsinya adalah untuk menamai atau memberikan tanda dan gambaran sekilas mengenai hal apa yang akan di bahas pada badan teks. Judul haruslah mencerminkan hal yang akan dibahas ya sob.

  • Pernyataan Pendapat atau Tesis

Setelah judul, bagian selanjutnya ini adalah pembuka dalam sebuah teks eksposisi. Dalam bagian ini terdapat pengenalan masalah, isu, maupun pandangan penulis secara umum mengenai topik yang akan dibicarakan. 

  • Argumentasi dan Alasan

Selanjutnya adalah argumen dan alasan-alasan dari si penulis. Dalam bagian ini kamu dapat menemukan atau menuliskan beberapa argumen dan alasan yang sesuai. Argumen ini sebagai penjelasan atas tesis atau pernyataan pendapat yang telah ditulis sebelumnya. Argumen dapat berupa alasan yang masuk akal, data temuan, fakta-fakta dan pernyataan para ahli. Nah argumen yang baik dalam bagian ini adalah argumen yang mendukung pendapat sebelumnya. 

  • Penegasan Ulang

Ini adalah bagian terakhir dari teks eksposisi, biasanya juga disebut sebagai simpulan atau penutup. Dalam bagian ini kamu bisa menegaskan ulang dari adanya pendapat dan argumen yang udah kamu sampaikan sebelumnya. Bisa juga kamu tambahi dengan saran terhadap permasalahan yang sedang kamu bahas. 

Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

Mengetahui apa aja kaidah yang harus digunakan dalam teks eksposisi tentunya penting banget sob. Nah berikut ini bisa kamu baca apa aja kaidahnya:

  • Memakai kata-kata teknis atau yang berhubungan dengan istilah atau pengistilahan dan berkaitan dengan topik. Misalnya istilah inflasi, hiperinflasi, ekonomi makro dan mikro pada topik ekonomi.
  • Kata-kata hubung digunakan dalam teks ini seperti sebab, akibatnya, jika, oleh karena itu, dengan begitu. Karena adanya keterhubungan argumentasi-argumentasi yang ada.
  • Kata keterangan waktu seperti akhirnya, sebelum itu, kemudian dan lain lain untuk menyatakan adanya keterurutan kejadian atau secara kronologis.
  • Menggunakan kata kerja mental seperti menyimpulkan, menduga, berasumsi dan sejenisnya.
  • Adanya kata dan kalimat rujukan misalnya berdasarkan pendapat para ahli, berdasarkan data yang telah ada, merujuk pada dan lain-lain.
  • Terdapat juga kata persuasif dan membujuk seperti hendaknya, sebaiknya dan lain-lain. Biasanya terdapat pada bagian simpulan.
  • Kata-kata yang digunakan adalah jenis denotatif atau yang bermakna sebenarnya dan tidak menimbulkan dua makna atau lebih juga ambiguitas.

Contoh dan Analisis Struktur Teks Eksposisi

contoh teks eksposisi pengolahan sampah
sumber: medcom.id

Judul: Manajemen Pengolahan Sampah

Tesis atau Pernyataan Pendapat:

Sampah, yang dipandang sebagai barang yang tidak berguna, bisa dijadikan sumber pendapatan apabila dikelola dengan baik. Sampah merupakan sumber daya yang dapat diolah menjadi barang bernilai ekonomi.

Argumentasi dan Alasan:

Apa yang telah dilakukan warga Pasar Ciputat, Tangerang, bisa dijadikan contoh. Warga setempat berhasil mengolah sampah dengan peralatan yang disediakan pihak swasta melalui perjanjian dengan pemerintah daerah.

Contoh lain yaitu kegiatan yang dilakukan warga Kaliabang, Kota Bekasi. Warga serta pengurus RW setempat melakukan pengolahan sampah lingkungan. Sampah dapur atau sampah rumah tangga diubah menjadi kompos dan pupuk cair. Sampah yang diolah adalah sampah basah langsung oleh warga. Langkah yang dilakukan dengan sosialisasi kepada warga agar memisahkan sampah basah dan kering. Hasil kompos yang diperoleh bisa mencukupi kebutuhan warga dan lingkungan sekitarnya. Di samping itu, hasil kompos dijual ke instansi pemerintah dan swasta di lingkungan setempat. Produksi kompos dari sampah lingkungan bisa memberi kegiatan bagi warga dan pemasukan yang positif. Termasuk juga produksi pupuk cair bisa dirasakan untuk menyuburkan tanah warga.

Penegasan Ulang:

Berdasarkan contoh-contoh tersebut, pengolahan sampah memang tidak lepas dari keterlibatan warga masyarakat. Masyarakat harus diajari memilah sampah organik dan anorganik. Peranan pemerintah diperlukan di dalam masalah sosialisasi dan pembudayaannya. Bagaimana pun masih banyak warga yang belum tahu cara mengumpulkan dan mengolah sampah yang mereka hasilkan.

Analisis

  • Pada bagian judul yaitu Managemen Pengolahan Sampah memang mencerminkan dari isi yaitu mengenai topik sampah.
  • Paragraf pertama termasuk ke dalam tesis nih sob. Ada yang tahu kenapa? Ya seperti pengertian tesis yaitu awalan atau pembuka yang mengangkat dan mengenalkan sebuah isu dalam sebuah topik. Dalam paragraf tersebut isu yang dibawa adalah sampah dengan kalimat yang dicetak miring di atas. Karena sampah yang sebenarnya barang tidak berguna dapat memiliki nilai ekonomi.
  • Paragraf kedua dan ketiga termasuk ke dalam bagian argumentasi dan alasan karena memuat banyak alasan mengapa sampah dapat dijadikan barang bernilai ekonomis. Kalimat yang dicetak miring adalah salah satu data yang sumbernya langsung dari para pengelola. Makanya sob paragraf tersebut masuk kedalam argumentasi, sebab juga menjelaskan awalan sebelumnya.
  • Paragraf terakhir berisi simpulan dan saran dari si penulis seusai dengan pengertian penegasan ulang yang udah kita baca sebelumnya nih. Kamu bisa lihat pada kalimat yang dicetak miring, saran penulis adalah perlunya turun tangan dari pemerintah untuk mengajari masyarakat mengolah sampah organik dan anorganik.

Referensi:

Contoh Teks Eksposisi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaannya | Bahasa Indonesia Kelas 10 (ruangguru.com)

Mengenal Teks Eksposisi: Ciri-ciri, Pola Pengembangan, Struktur, dan Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas 8 (ruangguru.com)

Teks Eksposisi – Pengertian, Contoh, Struktur, Ciri, Kaidah (gurupendidikan.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.