Belajar Sistem Kebut Semalam Nggak Baik Buat Masa Depanmu? Ini Dia Penjelasannya!

2 min read

sistem kebut semalam

Apa sih yang biasanya kamu lakukan ketika akan menghadapi ujian sekolah? Tentunya belajar ya kan. Tapi coba dilihat deh, ketika kamu ingin belajar biasanya malah menunda dan akhirnya pake jurus yang katanya jitu yaitu SKS atau sistem kebut semalam. Hayoo ngaku siapa nih di sini yang belajarnya ngebut hehehe

Belajar memang bisa pakai cara apapun sih selama itu nyaman dan pas buatmu. Tapi kamu tahu nggak sih sebenarnya sistem kebut semalam itu nggak baik lo. Dan bisa jadi mengancam masa depanmu kalau diterus-terusin. Selain itu sistem kebut semalam juga bikin kamu mengalami kerugian-kerugian tertentu.

Jadi lebih baik kamu menghindari sistem kebut semalam ini ya. Nah biar kamu makin yakin untuk menghindari sistem ini, simak deh penjelasan soal mengapa sistem kebut semalam ini nggak baik buatmu.

Kamu Bakal Sering Menunda Kegiatan

menunda kegiatan
sumber: hipwee.com

Orang yang biasanya suka belajar dengan sistem kebut semalam akan tergoda untuk terus melakukannya dari waktu ke waktu. Mungkin di awal-awal efeknya nggak begitu terasa sob tapi kalau udah lama kamu bakal jadi orang yang senang menunda kegiatan. Ini fatal banget lho.

Sistem belajar kebut semalam jelas bakal menguras energimu lebih banyak dari biasanya. Jam tidurmupun bakal terganggu dan bisa saja kamu bangunnya siang. Dan kalau udah begitu kamu bakal jadi orang yang males dan akhirnya menunda kegiatan yang udah kamu susun. 

Kamu Jadi Nggak Paham Sama Materi Pelajaran

Sistem ini bakal nuntut kamu untuk paham semua materi dalam semalam. Bayangin gimana paniknya kamu kalau melakukan hal itu. Bahkan kamu harus menghapal banyak materi dari awal hingga akhir. Padahal materi yang masuk nggak semuanya lho. 

Hal ini justru bikin kamu nggak paham sama materi yang udah kamu pelajari. Normalnya materi yang dipelajari itu bisa masuk ketika kamu belajarnya pas dan pelan-pelan. Nah kalau semua materi aja kamu pelajari dan paksa buat kamu inget dalam semalem itu bakal mustahil sob. Makanya hindari ya belajar dengan sistem kebut semalam ini.

Bikin Kamu Jadi Nggak Produktif

jadi nggak produktif
sumber: hafiraskincare.com

Kalau biasanya kamu belajar teratur dengan jadwal yang udah dibikin kamu bakal jadi produktif sob karena rutin melakukannya. Nah hal ini bakal hancur dan rusak ketika kamu belajar sistem kebut semalam. Udah materinya nggak masuk ke kepala ditambah lagi besoknya kamu jadi males dan nggak produktif buat belajar.

Efeknya bisa jangka panjang lo. Kebiasaan seperti belajar kebut semalam ini bakal berimbas ke masa depanmu. Sistem kebut semalam bakal jadi sifatmu dan bayangin aja kalau hal ini terjadi ke pada hal yang lainnya. Bisa-bisa kacau deh.

Gampang Kelelahan dalam Belajar

Ini nih efek yang nggak boleh kamu abaikan dari belajar dengan sistem kebut semalam. Karena tentunya kamu bakal belajar terus menerus sepanjang malam tanpa adanya waktu istirahat. Padahal hal itu gak menjamin kamu dapat menguasai seluruh materi lho.

Alih-alih paham materi, yang ada kamu malah kelelahan ketika dan sesudah belajar. Ketika ini terjadi maka performamu dalam mengikuti ujian keesokan harinya akan menurun bahkan mungkin saja hasil kerjaanmu kurang memuaskan. 

Bisa Bikin Jadi Orang yang Mageran

jadi orang yang mageran
sumber: islamidia.com

Seperti penjelasan sebelumnya, sistem kebut semalam bakal bikin kamu kelelahan dalam belajar dan mengganggu jam tidurmu. Kalau kamu udah kelelahan otomatis kamu bakal lebih sering tidur siang.

Kamu juga bahkan akan tidur ketika jadwal belajar. Nah hal seperti ini lah yang bikin kamu nantinya jadi orang yang mageran nih sob. Makanya sistem kebut semalam ini berbahaya lo buatmu.

Punya Efek Negatif Terhadap Akademikmu

Kurang tidur itu memiliki efek negatif dalam performa akademik lo. Sebuah studi menyampiakan bahwa sudah lebih dari puluhan ribu siswa mengalami masalah tidur dan hal ini bikin mereka nggak fokus sama pelajaran.

Kalau udah nggak fokus sama pelajaran tentunya kamu bakal sulit menangkap materi yang disampaikan. Kalau materinya aja udah nggak paham gimana mau ngerjain soal ujian dengan baik dan benar kan? Jatuhnya nanti malah dapat nilai jelek dan akademikmu turun deh.

Mengacaukan Seluruh Jadwal yang Udah Kamu Bikin

jadwal menjadi kacau
sumber: wartatangerang.com

Sebagai seorang pelajar tentunya kamu udah menyusun segala kegiatanmu seperti belajar, bermain dan berlatih soal dalam jadwal tertentu. Jadwal yang kamu bikin itu bisa membantu kamu banget dalam menyusun strategi menguasai materi.

Kalau kamu melakukan sistem kebut semalam artinya kamu udah merusak seluruh jadwalmu yang ada. Mungkin di awal bakal nggak kerasa ya efeknya tapi bayangkan aja kalau itu terjadi secara terus menerus.

Yang awalnya kamu rajin jadinya males. Dan setelah males kamu bakal menggunakan sistem kebut semalam lagi dan lagi. Kamupun mengabaikan seluruh jadwalmu yang udah kamu susun dan tentunya hal ini bikin dirimu sulit mencapai target dan tujuan yang diinginkan.

Referensi:

5 Alasan Kenapa Belajar Kebut Semalam Tidak Efektif (idntimes.com)

Alasan untuk Tidak Menerapkan Sistem Kebut Semalam – Campuspedia News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.