Belajar Membuat Teks Iklan, Nih Pengertian dan Tips Buat Kamu

2 min read

Teks iklan

Sobat sekalian pernah nggak sih melihat iklan baik itu di platform seperti youtube, televisi, maupun papan besar yang ada di jalan? Pernah juga nggak melihat iklan yang tertulis di koran-koran. Kalian juga pasti pernah mendapatkan pr untuk membuat teks iklan.

Hayoo masih bingung nggak apa itu teks iklan? Kalau kalian masih bingung dengan apa itu teks iklan, pas banget nih. Stay tune di sini ya, pastikan kamu baca sampai akhir karena di sini kita bakal bahas tuh soal pengertian teks iklan sampai tips dan cara membuat teks iklan yang benar juga menarik.

Lalu apa sih teks iklan itu? Langsung aja yuk simak uraian dan penjelasannya soal iklan dan teks iklan di bawah ini. 

Pengertian Teks Iklan

pengertian teks iklan
sumber: pelajaran.co.id

Iklan adalah sebuah informasi yang bisa mendorong banyak orang dan membujuk kamu supaya tertarik pada barang maupun jasa yang sedang ditawarkan. Oleh karena itu membuat iklan tentunya nggak sembarangan ya sob. Ada metode tersendiri untuk membuat teks iklan tersebut.

Teks iklan merupakan salah satu jenis media yang mempromosikan secara efektif dalam hal memasarkan produk kepada konsumen karena daya sebarnya yang luas banget. Tujuannya adalah untuk mengenalkan produk kepada konsumen atau para calon pembeli dari iklan tersebut. 

Iklan ini berisi hal menarik karena tujuannya untuk membuat banyak orang teperdaya dan terbujuk buat membeli barang dan jasa yang ada dalam iklan tersebut.

Struktur Teks Iklan

Teks iklan juga mempunyai strukturnya sendiri lo. Seperti teks lain yang mempunyai ciri khasnya sendiri. Strukturnya adalah sebagai berikut.

  • Orientasi

Pada bagian ini memuat judul, biasanya terletak pada bagian paling atas dari iklan maupun teks iklan. Biasanya juga berisi tentang nama produk. Bisa juga berisi kata-kata yang merupakan pengenalan soal jenis dan keterangan serta kerincian dari sebuah produk.

  • Tubuh Iklan

Nah kalau bagian ini adalah intinya sob. Biasanya berisi tentang nama dari produk barang dan jasa yang akan diiklankan. Atau juga berisi topik mengenai produk tersebut.

  • Justifikasi

Kalau bagian ini merupakan kelanjutan dari sebelumnya sob. Berisi deskripsi atau penjelasan dari produk yang ditawarkan meliputi apa saja keunggulannya, spesifikasinya dan bagaimana caranya jika ingin mendapatkan produk tersebut. Secara umum bagian ini memuat banyak informasi yang lebih lengkap dan jelas soal produk yang sedang diiklankan.

Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Kaidah kebahasaan teks iklan
sumber: pelajaran.co.id
  • Kalimat Persuasif

Artinya adalah bersifat mengajak atau membujuk. Dalam sebuah teks iklan kalimat yang digunakan haruslah bersifat membujuk dan membuat tertarik para konsumen.

  • Kalimat Imperatif

Kalimat ini adalah kalimat yang bersifat memerintah atau memberikan arahan. Beda tipis dengan kalimat persuasif yang intinya masih mengajak, membujuk, memberikan arahan. Contohnya seperti kata hadirilah, ikutilah, nyatakan dan sebagainya.

  • Kata-katanya Berima

Dalam sebuah teks iklan kata-kata yang digunakan kebanyakan berima atau menimbulkan bunyi yang seragam dan menarik. Hal ini dapat menarik perhatian para konsumen.

  • Memiliki Kesan yang Positif

Dalam menjual atau mengiklankan sebuah produk tentunya harus memiliki kesan positif ya sob. Maka dari itu kaidah selanjutnya dalam teks iklan adalah kalimat yang digunakan menimbulkan efek yang positif sehingga makin menarik.

  • Ringkas dan Faktual

Kalimatnya nggak perlu bertela-tele atau terlalu panjang supaya tidak membuang waktu dan nggak bikin bosan. Kalimat dalam teks iklan juga haruslah sesuai fakta agar calon pembeli nantinya tidak kecewa.

Tips dan Cara Menulis Teks Iklan

  • Tentukan Objeknya

Dalam membuat teks iklan kamu perlu nih menentukan dulu objek yang akan kamu iklankan supaya tidak bingung dan lebih spesifik nantinya.

  • Gunakan Bahasa yang Menarik dan Lugas

Sebaiknya kalimat yang kamu gunakan adalah yang menarik dan lugas. Dengan begini pembaca akan terpikat oleh teks iklanmu.

  • Tentukan Judul Teks Iklan yang Menarik

Alih-alih hanya nama barang yang kamu tulis. Ada baiknya kamu tambahi dengan kata yang menarik dan masih berhubungan dengan produknya. Bisa yang berhubungan dengan kelebihan produknya ya sob.

  • Susun Kerangka Teks Iklan

Kalau sudah menentukan barangnya, jangan lupa susun kerangkanya seperi bagian orientasi atau pembuka, tubuh iklan dan justifikasinya. Hal ini bakal mempermudah kamu dalam menuliskan secara lengkap teks iklan nantinya.

Contoh Teks Iklan

Smoothies

“Ingin tampil cantik nan menarik? Ingin memiliki kulit cerah dan merona? atau anda ingin langsing? Semua itu akan kalian dapatkan dalam sebotol smoothies dengan harga mulai dari Rp5.000 saja.

Untuk merawat tubuh sekarang sudah tidak perlu menguras dompet lebih dalam lagi. Segera beli smoothies di toko kami dengan tawaran harga murah meriah serta berkualitas. 1 botol smoothies memiliki banyak manfaat di dalamnya”.

 

Nah itulah pengertian teks iklan dan contohnya sob. Sekarang kamu jadi lebih tahu kan? Selamat mencoba menulis teks iklan ya!

Referensi:

Iklan: Pengertian, Struktur, dan Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas 8 (ruangguru.com)

Menulis Teks Iklan (kemdikbud.go.id)

Teks Iklan – Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur Dan Contohnya (dosenpendidikan.co.id)

Cara Menyusun dan Menulis Teks Iklan, Slogan, dan Poster dengan Baik dan Benar Edisi Revisi 2016 – ilmubindo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.