Belajar Bahasa Korea dengan Mudah itu Nggak Mustahil Kok, Nih Tipsnya Biar Kamu Makin Paham

2 min read

Belajar bahasa korea

Siapa nih dari sobat sekalian yang suka banget sama korea-koreaan? Pasti banyak ya yang suka sama korea apalagi banyak K-Drama atau drama korea yang beredar saat ini. Selain itu juga banyak boyband dan girlband korea yang mempunyai lagu bagus serta wajahnya yang ganteng-ganteng dan cantik-cantik ya sob.

Kalau kamu udah suka banget sama hal-hal yang berbau korea otomatis pasti secara ga langsung pasti ngikutin cara bicara mereka dan kamu pasti memakai bahasa korea yang sering muncul dalam sebuah drama.

Kamu tertarik ngga sih buat belajar bahasa korea? Kalau kamu tertatik, pas banget nih, ada beberapa tips belajar bahasa korea di bawah ini yang bisa kamu terapin supaya bisa cepet paham dan ngerti gimana bahasa korea itu. Langsung aja yuk kita simak apa aja tips-tipsnya ini.

Pelajarilah Hangeul atau Huruf Korea

belajar huruf korea atau hangeul
sumber: blogspot.com

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mempelajari bahasa korea adalah dengan mempelajari bahasanya atau yang biasa disebut sebagai hangeul. Dalam mempelajari hangeul ini kamu bisa memulai dengan bagaimana cara menulisnya juga cara mengucapkannya.

Dengan mempelajari cara menulis dan mengucapkan hangeul kamu bisa jadi lebih mudah untuk memahami bahasa korea. Kamu juga bisa mudah mempelajari kosa kata yang ada dalam bahasa korea. 

Kembangkan Kosa Kata yang Dipelajari

Setelah kamu mempelajari dan mengafalkan hangeul atau huruf korea kamu bisa memulai dengan mempelajari kosa kata dengan cara menggabungkan hangeul yang sudah kamu pelajari. Tentunya kamu harus mengetahui dulu apa aja nih kosa kata yang ada dalam bahasa korea.

Setelah tahu apa aja kosa katanya kamu bsa praktekin nih secara perlahan dengan menerapkan lalu menulis menggunakan hangeul yang udah kamu tulis dan pelajari tadi. Kalau bisa kamu ulangi beberapa kali dalam menulis kosa katanya supaya lebih hapal dan lebih lancar lagi dalam mempelajarinya. 

Mempelajari Angka dalam Bahasa Korea

angka dalam bahasa korea
sumber: https://www.wattpad.com/

Hal lain yang lebih mudah untuk kamu pelajari adalah dengan mengenal angka-angka dalam bahasa korea. Selain dapat menghapal karena hanya menggunakan bahasa tertentu kamu juga bisa cepat menguasainya. Contoh angka dalam bahasa korea adalah sebagai berikut:

  • Satu = hana
  • Dua = dool
  • Tiga = set
  • Empat = net
  • Lima = da-seot
  • Enam = yeoh-seot
  • Tujuh = il-gop
  • Delapan = yeoh-deohlb
  • Sembilan = ahop
  • Sepuluh = yeohl

Cukup mudah kan sobat? Nah kamu bisa tuh melafalkannya setiap hari supaya cepat hapal. 

Buat Sekelilingmu Banyak Berkaitan dengan Bahasa Korea

Hal mudah lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengimprov kemampuan berbahasa koreamu adalah dengan membuat sekelilingmu berkaitan dengan bahasa korea. Dengan begini secara ga langsung dirimu bakal tersugesti untuk menerima dengan lebih mudah mengenai bahasa korea.

Cara gimana tuh? Caranya adalah dengan menerapkan pada kehidupan sehari-hari. Misalnya kamu berhitung coba dengan bahasa korea entah itu dalam pikiran atau lisanmu. Atau juga bisa ketika kamu melihat sebuah benda bisa kamu artikan ke dalam bahasa korea. Misal kamu tidak tahu bahasa koreanya kamu bisa mencarinya di internet dan mencatatnya supaya lebih mudah dihapal.

Bisa juga dengan bahasa korea yang sederhana yang biasanya digunakan dalam percakapan sehari-hari seperti: 

Halo = annyeong, ya = ne, tidak = ani atau aniyo, terima kasih= kamsa hamnida, selamat malam = annyeong jumuseyo, selamat tidur = jal jayo, dan lain sebagainya. 

Sering Menonton K-Drama 

nonton drama korea
sumber: idntimes.com

Ada cara yang menyenangkan dan nggak menguras tenaga lho sob. Gimana tuh caranya? Adalah dengan menonton drama korea kesukaanmu. Udah pasti kan kamu suka menonton k drama dalam drama tersebut tentunya adalah subtitle bahasa indonesia dari kata atrau kalimat korea yang diucapkan.

Dengan sering menonton drama korea secara ga langsung kamu akan terbiasa mendengarkan dan akhirnya tersugesti ke alam bawah sadarmu dalam beberapa hal kata bahasa korea. Selain dapat ilmu kamu juga udah pasti dapat kesenangan kan.

Coba Dengerin Lagu K-Pop

Selain nonton film atau drama korea kamu juga bisa dengan sering mendengarkan lagu korea. Saat ini banyak banget lagu korea yang beredar. Apalagi dalam aplikasi musik tertentu nyediain lirik yang bisa kamu pelajari. Dan bisa kamu terjemahkan apa arti dari lirik lagu tersebut.

Dalam lagu kamu bisa lebih jelas mendengarkan cara pengucapan bahasa korea. Selain terhibur dan menjadi senang kamu juga bisa jadi lebih mudah menerima bahasa korea yang baru atau kosa kata baru. 

Pakai Aplikasi Terjemahan dan Situs Pembelajaran Bahasa Korea

belajar bahasa korea yang mudah
sumber: blogspot.com

Di masa sekarang ini kecanggihan teknologi udah pesat dan akses ke sana udah gampang banget kamu dapatkan. Contohnya adalah lewat gawai atau smart phone yang kamu punya. Kamu bisa mengunduh aplikasi penerjemah yang ada dari bahasa korea ke indonesia atau sebaliknya.

Situs-situs pembelajaran bahasa korea juga banyak kok sekarang ini. Kamu bisa tinggal googling aja situs pembelajaran bahasa korea yang ada. Tinggal ikuti langkah-langkah dan pelajari baik-baik maka kamu udah pasti bisa belajar bahasa korea dengan mudah.

Nah itulah beberapa tips belajar bahasa korea supaya kamu lebih paham. Selamat mencoba ya Sobat!

Referensi:

8 Tips Mudah Belajar Bahasa Korea Agar Cepat Bisa – Gramedia.com

Cara Belajar Bahasa Korea Sendiri dengan Cepat dan Mudah, Perhatikan Tipsnya | merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.