Apa itu Psikologi? Dan Apa Saja Manfaatnya Bagi Kehidupan?

2 min read

Psikologi dan manfaatnya bagi kehidupan

Di dunia banyak sekali ilmu dengan cirinya masing-masing serta jenis-jenisnya yang bisa kita pelajari. Pada dasarnya ilmu pengetahuan muncul karena ada masalah  yang belum bisa terpecahkan oleh manusia. Dan setelah itu manusia mencoba mencari jalan keluarnya dengan meneliti dan akhirnya melahirkan studi-studi yang bisa kita pelajari sampai sekarang ini.

Kalau di sekolah ada mata pelajaran sosiologi dan lain-lain. Nah di sekolahmu pasti ada yang namanya Guru BK kan? Guru Bimbingan Konseling. Kamu tau nggak kalau basic ilmu mereka adalah psikologi. Mungkin kamu bakal berpikir bahwa psikologi hanya berhubungan dengan gangguan jiwa. Namun sebenarnya nggak gitu lho sob. Psikologi masih lebih luas lagi.

Lalu apa sih psikologi itu dan gimana ya manfaatnya bagi kehidupan? Langsung aja yuk simak uraian dan penjelasan di bawah ini mengenai psikologi.

Pengertian Psikologi

Pengertian psikologi
sumber: www.flickr.com

Secara umu psikologi adalah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Kalau sosiologi mempelajari manusia dengan lingkungannya maka psikologi berbeda dengan hal itu, di sini psikologi terfokus pada permasalahan individu manusia itu sendiri yang berasal dari dalam dirinya. 

Secara etimologis istilah “psikologi” berasal dari bahasa latin, yaitu “psyche” yang artinya jiwa dan “logos” yang artinya pengetahuan. Sehingga pengertian psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari kejiwaan, baik manusia maupun organisme lainnya.

Psikologi Menurut Para Ahli

Wilhem Wundt

Menurut Wilhem Wundt, pengertian psikologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang berbagai pengalaman yang terjadi pada manusia; seperti perasaan panca indera, perasaan, pikiran, dan kehendak.

Kurt Koffka

Psikologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perilaku mahluk hidup dalam hubungan mereka dengan dunia luar.

Muhibbin Syah

Ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang tingkah laku terbuka (berbicara, duduk, berjalan, dan lainnya) dan tingkah laku tertutup (erfikir, berkeyakinan, berperasaan) pada manusia, baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan.

Fungsi Psikologi dalam Ilmu Pengetahuan

fungsi psikologi
sumber: eurekapendidikan.com

Menggambarkan (Description)

Dalam hal ini, ilmu psikologi berfungsi untuk menggambarkan dan mengklasifikasikan suatu pengamatan ilmiah secara rinci. Tujuannya adalah untuk menggambarkan berbagai tingkah laku manusia dalam kehidupannya.

Menjelaskan (Explain)

Berfungsi untuk mengidentifikasi dan menjelaskan apa, bagaimana, dan mengapa suatu tingkah laku terjadi. Hasil penjelasan tersebut berupa bahasan yang sifatnya deskriptif.

Memprediksi (Prediction)

Untuk memprediksi apa, bagaimana, dan mengapa suatu tingkah laku terjadi. Hasil dari prediksi tersebut dapat berupa prognosa, estimasi atau prediksi.

Pengendalian (Control)

Mengendalikan tingkah laku agar sesuai dengan yang diharapkan. Wujud dari pengendalian tersebut dalam bentuk tindakan pencegahan, intervensi, dan rehabilitasi.

Ruang Lingkup Psikologi

Kognisi

Sesuatu yang berkaitan dengan pemahaman maupun pemikiran dari seseorang atau individu dalam melakukan kehidupan di masyarakat. Banyak sekali hubungan antara afeksi dan kognisi yang menjadi ruang lingkup psikologi ini. Misalnya saja seperti pada peserta didik yang berperilaku negatif untuk kemudian di tangani.

Emosi

Sikap seseorang yang tidak stabil atau sedang mengalami amarah yang tinggi sehingga bisa menyebabkan beberapa dampak bagi diri sendiri maupun orang lain.

Konasi

Serangkaian bentuk keinginan, harapan, kehendak,maupun kemauan yang akan dicapai oleh individu dalam kehidupannya. Konosi ini sangat penting dipelajari dalam psikologi karena berhubungan dengan sifat manusia untuk menunjang kehidupannya.

Psikologi Umum dan Khusus

Ilmu pengetahuan atau cabang ilmu psikologi yang menyelidiki berbagai hal kegiatan atau aktivitas psikis manusia pada umumnya baik dari yang dewasa hingga yang berkultur. Psikologi khusus mempelajari psikis manusia secara lebih khusus sehingga dalam ilmu psikologi khusus ini akan dibicarakan hal-hal yang spesifik dalam kehidupan manusia.

Jenis-Jenis Psikologi

jenis-jenis psikologi
sumber: sehatq.com

Psikologi Komunikasi Dan Media

Psikologi yang mempelajari tentang proses interaksi antara manusia satu dengan lainnya dan bagaimana pengaruhnya dalam kepribadian individu itu sendiri.

Psikologi Sosial

Psikologi sosial adalah cabang ilmu psikologi khusus yang didalamnya membahas mengenai pola perilaku atau kegiatan dan aktivitas dari setiap manusia dalam melakukan hubungan serta interaksi dengan lingkungan sekitarnya.

Psikologi Pendidikan

Psikologi pendidikan umumnya berkaitan dengan aktivitas – aktivitas atau kegiatan manusia dalam hubungannya dengan situasi pendidikan.

Manfaat Psikologi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

  • Meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi karena dapat memahami orang lain sehingga kita bisa menentukan cara berkomunikasi dengan orang yang berbicara dengan kita sesuai kepribadian mereka.
  • Dapat mengelola stress dengan baik karena kita mengenal diri kita sendiri dan apa permasalahannya untuk dicarikan solusi yang tepat sesuai dengan masalah yang timbul.
  • Meningkatkan kemampuan ingatan dengan cara mengenal tipe kepribadian kamu. Sehingga ketika udah tahu kamu bisa cari cara yang tepat buat mengingat sesuatu.
  • Dapat membantu orang laii yang sedang dalam masalah, dengan mempelajari psikologi kamu bisa mengambil langkah pertama yang tepat dan baik untuk orang yang sedang mengalami masalah kamu juga bisa lebih memahami mereka dan menghindarkanmu dari sifat yang suka menghakimi orang lain.

Referensi:

Pengertian PSIKOLOGI adalah: Arti, Fungsi, Manfaat Belajar Psikologi (maxmanroe.com)

Manfaat Belajar Psikologi di Kehidupan (satupersen.net)

√ 7 Ruang Lingkup dan Objek Studi Psikologi | IPS Terpadu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.