9 Tips dan Teknik Jitu Mempelajari Bahasa Asing, Asli Manjur!

2 min read

tips belajar bahasa asing

Siapa nih dari sobat semuanya yang suka banget sama bahasa asing? Dan kepo banget gimana sih bahasa asing itu. Mempelajari bahasa asing emang penting ya sob di masa sekarang ini apalagi di era 4.0 dan globalisasi. Nggak jarang juga pasti kamu sering lihat konten-konten berbahasa asing yang lewat di timeline kamu.

Selain itu, bahasa asing juga penting untuk masa depanmu lo. Siapa tahu kamu jadi duta untuk negara lain dan tinggal di luar negeri, pastinya udah harus bisa bahasa asing yang digunakan di sana kan.

Tapi kadang kita kesulitan nih buat mempelajari bahasa asing atau mungkin pelajarannya di sekolah masih belum bikin kamu puas. Nggak usah khawatir deh. Banyak cara kok buat belajar bahasa asing. Nah, yuk simak tips-tips belajar bahasa asing di bawah ini. Dijamin manjur deh.

Kamus adalah Buku Wajib

Kamus bahasa asing
sumber: pocketnihongo.id

Pasti banyak dari kalian nih yang nggak sadar bahwa kamus itu penting buat belajar bahasa asing. Biasanya sih males ya karena banyak banget kata yang dibaca dan bikin pusing. Namun kamu nggak boleh menganggap enteng nih kamus ini. Ada triknya lo.

Bawa pocket dictionary atau kamus saku yang ukurannya kecil dan bisa kamu bawa ke mana aja. Kamu bisa mulai baca kamus misal versi Inggris dan Indonesia buat memahami kata-kata familiar apa aja yang ada.

Setelah itu beranjaklah ke kamus misalnya yang versi Inggris-Inggris. Kenapa begitu? Karena versi ini bakal membantu kamu mengetahui makna dan maksud kata dengan penjelasan yang berasal dari bahasa itu sendiri. Gampangnya seperti model KBBI di mana kamu dapat memahami sebuah kata dari penjelasan yang ada.

Hafalin Kosakata

Tips lain yang bisa kamu terapin adalah dengan menghapalkan kosakata. Hal ini bisa mempermudah kamu buat memahami kata-kata dalam bahasa asing loh. Jangan lupa juga targetin berapa kosa kata yang bakal kamu hapalin dalam sehari.

Misalnya dalam satu hari kamu menghapalkan lima kosakata. Kamu juga bisa menggolongkan kosa kata misalnya hari pertama untuk kosakata mengenai makanan, hari kedua mengenai minuman, hari ketiga dalam bidang olahraga dan seterusnya.

Membaca Dong Tentunya

membaca buku
sumber: seminarparenting.com

Tapi bukan sekadar membaca biasa aja ya sob. Artinya nggak harus buku pelajaran kok yang kamu baca. Bisa aja artikel ringan, cerita pendek, puisi, ataupun novel dari bahasa asing yang ingin kamu pelajari.

Dengan begini kamu bakal tergugah dan semangat belajarnya dalam memperdalam ilmumu dalam bahasa asing. Selain kamu merasa senang kamu juga mendapatkan manfaat tentunya dari hal ini. 

Lafalkan Dengan Keras

Gunanya buat apa sih? Supaya kamu bisa cepet mengerti dan melafalkan kata dalam bahasa asing secara pas dan tepat nih sob. Ga perlu malu-malu, yakin deh dengan cara ini kamu bakal cepet memhami kata yang sedang kamu pelajari. 

Ga perlu khawatir juga dengan aksenmu menurut orang lain, ingat kata pepatah practice makes perfect!

Coba Nonton Film

menonton film berbahasa asing
sumber: idntimes.com

Kalau kamu masih merasa kesusahan dengan membaca kamu bisa pakai alternatif lain nih. Tinggal pencet tombol, simak dan tonton. Ya! Caranya dengan nonton film dong sob. Siapa kan yang ga suka nonton film heheh. Dengan nonton film berbahasa asing, secara ga langsung itu bakal memberimu kemampuan serta pemahaman yang lebih cepat dalam mempelajari bahasa asing. 

Dengerin Musik Juga Bisa

Kalau mata kamu udah lelah dengan nonton film, coba ganti dengan mendengarkan musik. Apalagi zaman sekarang mengakses musik berbahasa asing udah gampang banget kan. Senang karena dengerin musik plus dapat manfaatnya lo. Kurang enak apa coba hehehe.

Trial dengan Cara Menulis

latihan menulis
sumber: penerjemahdokumen.com

Nah setelah semua cara tadi kamu terapin sekarang coba deh latihan menulis. Nggak perlu bikin paragraf yang susah kok sob. Dengan menulis kamu bisa megukur kemampuanmu sudah sejauh apa nih. Menulis juga melatih memorimu lo, teknik ini dipercaya bisa bikin kita lebih cepat paham. Ingat ya, menulis di kertas aja, lebih manjur sob!

Ikut Kursus Bahasa Asing 

Kamu bisa ikut les privat maupun ikut kelas di studi pusat bahasa. Kalau kemampuanmu sudah terasah kamu juga bisa membagikan ilmumu kepada orang lain lo. Nggak bakal deh ilmumu hilang, yang ada malah kamu makin mahir tuh.

Teknik Variasi

teknik variasi belajar bahasa asing
sumber: machung.ac.id

Memiliki beragam kegiatan belajar sangat penting untuk menghindari kebosanan. Meski pengulangan adalah inti dari proses pembelajaran, namun metode yang terlalu mekanis dapat membosankan kamu nih sob. Coba deh pakai tiga jenis variasi ini: 

Variasi materi: Keberagaman materi pembelajaran dapat membuat kamu terus terpacu.

Variasi kegiatan: Membaca dan mendengarkan adalah dua kegiatan yang sangat bermanfaat untuk dapat menguasai bahasa, tetapi dua metode ini bukan satu-satunya yaa.

Variasi posisi: Mungkin kamu akan sedikit terkejut saat mengetahui bahwa posisi tubuh dan bagaimana kita bergerak memainkan peran penting dalam pembelajaran. Coba deh pakai posisi yang bikin kamu fokus.

 

Referensi:

7 Trik Mudah Belajar Banyak Bahasa Asing Sekaligus • Hello Sehat

13 Tips Mempelajari dan Menguasai Bahasa Asing (https_rencanamu.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.