8 Teknik Belajar Matematika ini Bikin Belajarmu Jadi Efektif Lho!

2 min read

matematika

Siapa nih dari kamu yang ogah banget sama pelajaran matematika? Hehehe. Memang sih matematika butuh usaha sedikit lebih besar buat memahaminya. Mata pelajaran satu ini pasti jadi momok menakutkan bagi banyak orang.

Tapi matematika itu pelajaran dasar yang penting lho karena tanpanya kita nggak bakal mengenal perhitungan yang menjadi dasar beberapa mapel IPA. Kalau kamu merasa kesusahan dengan pelajaran satu ini, nggak perlu khawatir deh sob.

Ada triknya kok supaya kamu belajar matematika secara efektif. Dan akhirnya matematika bisa kamu taklukkan dengan mudah deh hehehe. Yuk simak aja langsung tips-tips belajar matematika secara efektif di bawah ini!

Berdoa Dulu dong Tentunya

Berdoa adalah cara yang paling ampuh lho dalam memotivasi kepercayaan dirimu saat ingin memulai belajar. Dengan berdoa maka kamu akan lebih tenang dan lebih konsentrasi saat melaksanakan proses pembelajaran. Kamu juga bisa lebih fokus karena udah niat dari awal untuk belajar. Supaya kamu mendapatkan ketenangan dalam belajar maka selalu usahakan berdoa di awal sebelum proses belajar dimulai. Hal ini bakal ngasih keyakinan dan sugesti ke dirimu sendiri bahwa segala kesulitan bakal mudah dihadapi.

Kudu Rajin Sejak Awal

Rajin belajar
sumber: http://mybooksanddreams.blogspot.com/

Tips awal lain adalah rajin belajar. Rajin belajar bisa disebut juga dengan konsisten, konsisten  dalam belajar merupakan hal yang sangat penting dalam mempermudah memahami pelajaran matematika. Kita nggak perlu berlama-lama dalam belajar. Akan tetapi, akan lebih baik jika kita lebih konsisten dalam belajar. Konsistensi bakal nambah daya tahanmu dan akhirnya kamu jadi terbiasa dengan keadaan belajar apapun.

Pahami Pelan-pelan Secara Benar

Harus kamu pahami juga jika untuk menjawab soal matematika, kamu nggak hanya dituntut untuk menjawab soal tersebut secara benar, akan tetapi kamu juga diharuskan melewati proses pengerjaan secara runtut dan juga tepat. Artinya kamu juga harus menjabarkan jawaban secara tepat seusai dengan rumus. Akan sangat rancu jika kamu mendapatkan jawaban yang benar namun ternyata proses menjawabnya tidak benar. Selain melatih fokus, kamu dituntut juga untuk melatih kesabaran saat mengerjakan matematika. Maka dari itu kerjakan secara pelan-pelan dan benar supaya kamu nggak melewatkan detail-detail penting dalam rumusnya.

Jangan Takut Bertanya Jika Tidak Paham

Salah satu hal yang menjadi kendala dalam belajar matematika adalah  adanya rasa malu dan takut waktu bertanya kepada guru atau kepada teman yang lebih tahu. Padahal, rasa malu bakal sangat merugikan diri kamu sendiri lho son. Sebenarnya nggak ada salahnya bertanya kepada seseorang yang lebih tahu. Kamu bisa mulai bertanya tentang matematika kepada kakakmu, atau mungkin Bapak dan Ibu serta guru matematika kamu di sekolah. Mulai saat ini, beranikan diri untuk bertanya tentang sesuatu yang belum kamu pahami. Ketika kamu bertanya kamu akan paham dan nggak bakal tersesat deh.

Ubah Pola Pikir Soal Matematika

ubah mindset
sumber: markey.id

Anggap bahwa matematika bukan pelajaran sesulit yang kamu kira. Dengan menganggap matematika menyenangkan kamu bakal tersugesti untuk bisa memahami matematika secara benar. Maka dari itu sob penting banget buat kamu mengubah pola pikir atau mindset mengenai matematika yang mengerikan dan sulit. 

Jangan Lupa Mencatat Materi yang Diajarkan

Mencatat adalah teknik yang sangat penting dalam belajar matematika agar bisa mudah memahaminya. Karena dengan catatan tersebut, maka kamu bisa membacanya serta mengingat materi yang sudah dipelajari dengan tepat. Dengan mencatat juga artinya kamu memberikan perhatian secara serius terhadap matematika. Kalau nggak ada catatan kamu bakal kesusahan tuh buat mempelajari ulang ketika di rumah. 

Pelajari Secara Terus Menerus Setelah Pulang Sekolah

Sesudah kamu pulang sekolah, maka ada baiknya kamu mempelajarinya kembali materi matematika yang udah kamu dapetin saat di sekolah tadi. Hal ini merupakan teknik belajar matematika yang mudah karena dengan kamu melakukan hal itu. Kamu akan selalu ingat tentang materi matematika yang sudah kamu pelajari di sekolah.

Susun Rumus dengan Rapi

susun rumus secara rapi
sumber: https://mathlabs88.blogspot.com/

Biar kamu lebih tertarik dengan matematika kamu bisa pakai cara dengan mencatat dan meyusun rumus secara rapi dan menarik. Kamu bisa menambahkan gambaran hiasan atau menandai dengan spidol warna warni. Menandai rumus yang penting dengan spidol berwarna bakal mempermudah kamu buat mengingat dan memahami rumus yang ada. Selain itu kamu nggak bakal merasa suntuk lagi dengan matematika. 

Waktu menjadi hal yang penting nih sob. Waktu ketika memahami menjadi variabel yang menentukan dalam pemahaman materimu selama belajar matematika. Pilihlah waktu belajar dimana kondisi fisik dan psikis masih fresh dan masih memiliki energi yang banyak untuk mempelajari dan memahami materi. Kamu bisa memulai belajar ketika pagi hari karena keadaan mental dan fisikmu masih segar dan terjaga. Namun ada juga yang lebih memilih belajar di malam hari karena dirasa lebih efektif untuk memahami materi.

Referensi:

Cara Belajar Matematika yang Efektif Bagi Pelajar dan Mahasiswa – Bachtiarmath.Com

7 Teknik Belajar Matematika yang Mudah dan Efektif untuk Siswa – BELAJAR BARENG BARENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.